12 Februari 2008

Sate Kiloan daerah Sentul

Beberapa tempat makan enak yang satu ini patut di perhitungkan di jagat Sentul.. Well, seperti kita ketahui betapa Sentul sangat terkenal dengan sate kiloan-nya, tapi bukan sembarang sate kiloan yang kali ini akan saya review. Beberapa sate kiloan yang saya akan bahas di sini benar-benar sudah diujicobakan di berbagai lidah dan selera orang-orang di sekitar saya.

Cukup banyak memang sate kiloan yang tersebar di sekitar sentul, tapi sate kiloan yang pantes dicoba hanya beberapa. Kalo ngomongin soal empuk sate kambing di Saung Urang bisa diperhitungkan.. begitu pula dengan sate milik H. Tohir.. Kalo di Saung Urang Anda bisa menikmati sajian Hot Plate sate kambing kiloan, di H. Tohir Anda tidak akan menemui hal yang sama. Walaupun gak punya hot plate, H. Tohir gak kalah saing di bagian sop kambingnya. Utnuk yang satu ini, saya belum menemukan tandingan lain H. Tohir. Jadi buat Anda yang hanya ingin menikmati sate kambing di atas hot plate, silahkan ke Saung Urang. Tapi kalau ingin makan lengkap dengan sop kambing bercita rasa yummy, dateng aja ke H. Tohir..

Untuk harga, gak jauh beda,, pasaran sate kiloan di daerah ini boleh dikatakan punya patokan harga tertentu. Seperti namanya, sate yang dijual tidak dihitung per tusuk tapi per kilo. Minimum pemesanan seperempat kilo (± Rp. 25.000), untuk sop kambing (± Rp. 10.000).

Sebenernya ada satu lagi tempat yang patut di review, yaitu PSK. Mungkin buat yang sering lewat daerah Cibubur atau Puncak, pernah melihat Pusat Sate Kiloan ini (cabangnya di mana-mana). Konon katanya sate kiloan di tempat ini memang enak,, (saya belum pernah coba), tapi harga yang harus dikeluarkan lebih dari pangsa pasar yang biasanya. Menurut H. Tohir sih,, sate kiloan yang 'sebenarnya' muncul karena ada riwayatnya. Jadi kalo ada sate kiloan yang muncul belakangan ini, bisa dikatakan cuma ikut-ikutan aja.. (bisa aja nih pak haji).. Well, kalau mau coba, langsung aja dateng ke beberapa tempat yang direview di atas. Tapi kalau boleh saran, nyoba satenya H. Tohir sebagai awal wisata kuliner Anda, tidak ada salahnya..

Tidak ada komentar:

:)