21 Februari 2008

Hamil ?!

Beberapa hari yang lalu, ada acara persidangan di rumah mertua.. bukan saya atau keluarga lain yang jd peserta sidang, tapi anak tetangga kampung sebelah. Yang terlibat antara lain seorang gadis berumur 15 tahun beserta om nya (si akang, yg suka bantuin ibu mertua urus tanaman), dan seorang pria rapih berbadan apik dan bersih.
Ternyata gadis mungil berumur 15 tahun peserta sidang tersebut sedang mengandung 5 bulan di luar pernikahan. Hasil hubungannya dengan si pria rapih tersebut. Sebagai seorang om yang diinformasikan pertama kali mengenai kehamilan keponakannya, akang minta bantuan ayah mertua untuk dicarikan jalan penyelesaian.. Singkat kata semuanya berurun rembuk untuk menyelesaikan perkara tersebut, sampai akhirnya disepakati akan terjadi pernikahan.

Saat mendengar cerita itu, saya turut prihatin, gadis kecil itu pasti belum terlalu kuat untuk menjalani kehidupannya kelak dengan kehamilan yg semakin membesar. Saat umur 15 tahun kalau saya ingat-ingat,,, hm.... saya baru saja mendapatkan menstruasi. Dan tidak pernah terpikir jika harus menanggung beban seberat itu. Sedangkan si pria, sebagai seorang pengamen jalanan tentu dia punya berbagai kekhawatiran menjalani kehidupan bersama si gadis. Apalagi setelah sembilan bulan, mereka akan memiliki tanggung jawab lebih. Seorang bayi...
Pikiran saya menerawang.. mereka yang mungkin tidak mengharapkan kehadiran si bayi berumur 5 bulan itu tentu hidup penuh kekhawatiran.. Hal tersebut berbanding terbalik dengan keadaan saya. Saat mengetahui cerita mereka, saya sedang menantikan kehamilan. Saya miris..

Mungkin mereka berfikir tentang 'andaikan' saat ini.. menyesali perbuatan yang telah berbuah hasil. Mungkin hal ini tidak perlu terjadi kalau pernikahan telah berlangsung dipercepat. Mungkin.. mungkin.. yaaa.. mungkin ini jalan terbaik bagi mereka untuk semakin dewasa. Amin.

p.s. beberapa hari setelah persidangan-tepatnya tadi malam-saya dinyatakan positif 6 minggu oleh dokter kandungan. Alhamdulillah. Buat tahu lebihjauh mengenai saya dan kandungan,, akan ada label baru.. Monggo akses dari label tersebut. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

:)