26 Februari 2008

e-Learning Award 2008

Event yang digelar sejak tiga tahun lalu ini kini dilaksanakan kembali.. Apa itu e-Learning Award?
mungkin ada beberapa teman yang sudah mengetahui penyelenggaraan event ini. Buat teman-teman yang belum mengetahui, mungkin dapat membaca sekelumit uraian di bawah ini.

e-Learning Award itu ..
e-Learning Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pustekkom Depdiknas untuk menghargai insan-insan yang memanfaatkan ICT dalam pembelajaran. Seperti kita ketahui perkembangan ICT yang semakin maju tidak hanya dirasakan dampaknya oleh bidang-bidang perbankan, bisnis, maupun pemerintahan (sekarang dikenal dengan e-government), saat ini ICT juga mulai rajin menunjang pembelajaran. Selain sebagai sarana menghargai tersebut, acara ini juga dapat dikatakan sebagai pengakuan terhadap pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Siapa saja yang mendapatkan ..
e-Learning Award diberikan kepada mereka yang telah aktif menggunakan ICT baik mereka yang berupa korporasi, perguruan tinggi, maupun sekolah-sekolah. Anda mungkin telah mengenal sistem e-Learning yang di terapkan oleh beberapa perusahaan swasta, di sini, mereka juga akan diperhitungkan sebagai bagian dari insan ICT yang dihargai. Begitu pula dengan universitas-universitas lainnya yang aktif mengembangkan e-Learning nya. Seperti Universitas Binus, Universitas Terbuka, Universitas Indonesia, maupun universitas-universitas lainnya yang berada di Indonesia. Sekolah juga dalam hal ini memegang peranan yang cukup penting. Cukup banyak sekolah-sekolah saat ini yang mencoba mengembangkan LMS (Learning Management System) bagi siswanya agar dapat ber-e-Learning.

Hanya itu saja .. ?!
Tentu tidak, selain award, penyelenggara juga menggelar Lomba pembuatan software dan hardware terkait penunjang pembelajaran yang memanfaatkan ICT. Lomba ini khusus digelar bagi mereka siswa sekolah yang tertarik dengan ICT.

Apa yang didapatkan dengan Award ini ..
Selain hadiah total ratusan ribu rupiah, dengan Award tentunya pemenang sebagai pengembang akan bangga menjadi bagian dari perubahan bangsa ini.

Yang baru di e-Learning Award 2008 ..
Karena event yang diadakan ini berlangsung tiap tahun, maka selalu ada unsur kebaruan dalam setiap penyelenggaraan tiap tahunnya. Yang baru di tahun 2008 ini antara lain :
1. Terbitnya Buku Panduan Penyelenggaran. Buku ini menjadi sarana sumber hukum pelaksanaan kegiatan bagi penyelenggara. Sedangkan bagi peserta, buku ini menjadi panduan informasi mereka dalam mengikuti ajang ini (Disusun oleh Pustekkom dengan bantuan pendapat dari : rekan-rekan korporasi, rekan-rekan peneliti, rekan-rekan dikmenum, rekan-rekan depag, rekan-rekan pendidik, dan rekan-rekan IT sendiri, saya kebetulan terlibat pula dalam penyusunanya).
2. Ada penambahan kategori di tahun ini. Mengingat banyaknya blog yang muncul belakangan ini, terlebih lagi ketika memantau besarnya pemanfaatan blog tersebut sebagai sarana edukasi, maka tahun ini penyelenggara menyiapkan salah satu kategori baru yaitu kategori Blog Edukatif. Bagi teman-teman yang merasa blognya cukup edukatif, dapat coba mendaftarkan dirinya masing-masing.
3. Telekolaborasi Sekolah. Istilah ini cukup asing terdengar, maklum belum banyak yang memanfaatkan. Award ini diberikan bagi lebih dari satu sekolah yang mengadakan hubungan komunikasi terkait pendidikan menggunakan ICT, khususnya dalam bentuk yang formil. Diharapkan bagi sekolah-sekolah yang telah bekerja sama memanfaatkan ICT menerima pula award ini.

Di mana dan kapan acaranya ..
Acara kan digelar akhir tahun 2008 ini direncanakan bulan Oktober yang akan datang. Tahun lalu acara ini sukses digelas di Shangri La Hotels, untuk tahun ini masih belum ditentukan tempat acaranya.

Well, buat teman-teman yang masih penasaran untuk ikut dan terlibat menjadi bagian acara ini, dapat langsung mengakses informasi melalui elearningaward.net

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"Apa yang didapatkan dengan Award ini ..
Selain hadiah total ratusan ribu rupiah, dengan Award tentunya ..."

hadiahnya cuma 199rebu ??

~plus ppn ;p

:)