30 Mei 2011

Cooler Bag, Mommies Best Friends

Cooler Bag adalah tas yang bisa menahan keseimbangan suhu makanan atau minuman agar tahan dalam waktu yang lebih lama. Mommies para pemerah ASIP tentu tidak asing dengan tas ini. Cooler bag dimanfaatkan untuk menyimpan sementara hasil ASIP yang diperah. Saya bersahabat dengan cooler bag sejak kelahiran anak pertama. Pengalaman saya kesulitan memilih cooler bag menjadi ide menulis postingan kali ini.

Mommies yang bersiap menyambut baby tentu memasukan cooler bag ke dalam list "Have to buy". Karena mommies modern tentunya lebih memilih memerah ASIP daripada membiarkan baby sehatnya minum susu sapi. Hehe... (no offense). Yang jadi masalah adalah karena banyaknya jenis cooler bag di toko membuat mommies bingung milih cooler bag yang cocok.

Pertama saat memilih cooler bag, mommies perlu ketahui kondisi nanti ketika akan menggunakan cooler bag. Berikut beberapa kondisi yang sering ditemui para mommies pemerah ASIP:
1. Kantor dengan lemari pendingin. Jika kantor mommies memiliki lemari pendingin (berbahagialah), berarti mommies hanya butuh cooler bag untuk mendinginkan ASIP selama di perjalanan. Cooler bag yang dibutuhkan mommies tidak perlu yang terlalu mahal lebay... hehe.. Mommies bisa cari Cooler bag murah meriah dan ukurannya bisa menampung banyak ASIP. Contoh: Cooler bag di Carref*ur, harganya hanya 75Ribu.
2. Kantor tanpa lemari pendingin. Buat mommies yang di kantornya tidak ada lemari pendingin, jangan berkecil hati. Banyak jalan menuju surga. Ini juga saya alami. Ketika itu, saya memilih cooler bag berlapis tebal. Jadi sekitar 8-10 jam ASIP saya hanya diletakkan di dalam cooler bag dan blue ice. Contoh cooler bag: Avent.
3. Berkantor di luar ruangan. Bukan sekali dua kali saya menemui mommies yang menghabiskan waktunya di luar kantor. Mommies pekerja lapangan ini tentunya pasti kebingungan menyimpan ASIPnya karena mobilitasnya sangat tinggi. Untuk Mommies yang aktif seperti ini, saya menyarankan untuk membawa cooler box, yang tahan menyimpan ASIP sampai 24 jam.. tentunya dengan blue ice yang lebih banyak ya, mom..

Dengan Cooler Bag, mommies bisa tetap tenang karena oleh-oleh ASIP untuk baby-nya aman tersimpan.. Setelah sampai rumah, jangan lupa ya, moms.. oleh-oleh ASIPnya langsung disimpan di kulkas. Untuk penyimpanan ASIP di kulkas antara lain:
· Freezer compartment located inside the refrigerator (5°F or −15°C): 2 weeks
· Refrigerator/freezer with separate doors (0°F or −18°C): 3 to 6 months
· Chest or upright manual defrost deep freezer that is opened infrequently and maintains ideal temperature (−4°F or −20°C): 6 to 12 months (Sumber: The Academy Of Breastfeeding Medicine)

Informasi detail tentang teknik memerah, dan penyimpanan terdapat di group: asiforbaby. Mommies yang tertarik bisa gabung di grup tersebut. insyaallah semua info seputar ASI sudah disiapkan di grup tersebut. Tidak hanya itu, mommies juga bisa curhat dan selalu dikuatkan oleh komunitas ibu-ibu penjuang ASIX.

Have fun breastfeeding moms ^^

3 komentar:

Dwina mengatakan...

satu lagi, gw nambahanin blognya anggie. saran untuk ice gelnya sebaiknya yang model ada tempatnya (lupa gw namanya) bukan yang plastik, menghindari kl sewaktu2 terjadi kebocoran dan biasanya lebih tahan lama esnya. oh iya, kl mw untuk mendinginkan yang blue yah bukan yg putih, yg putih untuk air panas kl g salah :D trus botol ASIPnya disarankan yang kaca, bukan yg plastik krn selain lebih tahan lama, kaca juga tidak meninggalkan bekas lemak bila dicuci dan digunakan kmbli. happy ASIX...(tinggal 2 bulan lagi aisyah lulus ASIX pertama)

Anggiearanidipta Suma M. mengatakan...

@Dwina, Congratz ya aisyah.... udah S1 ASIX nih.. Btw, iya jeng.. Jenis ice gel yang dimaksud namanya ice pack banyak ditemui di Ace Hardware atau toko-toko onlen. Memang lebih awet. Klo yang pny saya plastik kmrn sempet bocor, dan saya lapis sama plastik lainnya lagi :D (ngakalin).

denayonline mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

:)