06 Juni 2011

Mengapa Orang TEPE diperlukan

Bikin modul elearning tanpa design document seperti cari alamat tanpa gps.

Saat ini saya sedang mumet bikin modul elearning buat klien. Luar biasa modul yang saya buat kali ini. Ssalah satu subsub topik di modul ini kalau saya telaah bisa jadi satu bab khusus karena kontennya yang luar biasa banyak dan pentingnya topik ini.

Saya jadi teringat dengan institusi LIPI yang Pusbindiklat-nya dengan mawas diri meng-hire Dewi Salma Prawiradilaga untuk merapihkan konten modul mereka. Saya sangat berharap DSP terlibat di modul-modul klien saya.. Rasanya mengalih mediakan modul setelah tersentuh DSP seperti membuat kue dengan adonan sudah jadi :D

Saya berharap pula institusi pendidikan atau pelatihan lain lebih mawas diri dalam mengembangkan bahan ajar mereka. Kalau bahan ajarnya saja masih belum oke, bagaimana nanti yang akan belajar.. menyedihkan.

Ya.. mari lanjut bikin modul e-learning. Saya ga berharap yg belajar pake modul e-learning yang lagi saya buat ini nanti akan mengerti. Saya hanya mendoakan mereka masuk surga (jika muslim). Amin ya Allah.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

haha.. mati masuk syurga... amienn.

ajarin bikin modul bu... cuma tahu teorinya nih, blum praktik (maksudnya praktik beneran secara profesional).

blog nya bagus, infonya menarik semua. aku punya dulu, dua kali bikin dua-duaya passwordnya lupa.

ntar bikin lagi lah.. someday.

Anggiearanidipta Suma M. mengatakan...

@bee blog. X_X saya baru baca message-nya :(

Bu Dewi yang sedang menyusun buku penulisan modul. Nanti kalau sudah terbit dan ada di toko buku, akan saya informasikan.

Kalau mau praktik, hm... Come on Morning, lets open the training class :D

:)