20 Mei 2011

Bingung Puting?

Siang hari di toilet. Berhubung toilet ini adalah toilet bersama, jadi saat siang hari di toilet saya pasti akan bertemu dengan rupa-rupa karyawati ataupun bos-bos dari gedung ini. Siang hari di toilet kali ini saya bertemu dengan ibu-ibu sedang membersihkan botol susu saya 100% yakin si ibu yang satu ini pasti habis merah ASI. Tidak sesimpel saya, si ibu membawa peralatan yang cukup banyak. Sle*k (cairan pencuci khusus dot dan botol susu bayi), spons pembersih dengan tungkai, dua botol beling tempat simpan ASIP, dan alat memerah manual. Luar biasa ibu satu ini..

Mukanya bete, tapi saya nekat ngajak ngobrol. Setelah chitchat singkat, akhirnya ketauanlah musabab betenya si ibu. Ternyata si baby berumur 6 bulan yang ditinggal di rumah sedang bingung puting, karena pakai dot, si baby ini tidak mau lagi menyusu langsung dari pabriknya..
Saya turut prihatin, tapi si ibu bete karena menyalahkan dirinya sendiri sebab terkadang pulang kerja suka kelelahan dan jarang langsung menyusui si baby. Jadi sekarang si baby jadi ogah nyusu langsung.

Mungkin ini cerita juga banyak dialami ibu-ibu lainnya. Saya susah ngasih masukan untuk hal yang satu ini karena tidak mengalaminya langsung, tapi saya juga seorang ibu.. tentunya ingin membantu mensupport teman-teman di luar sana yang sedang berjuang ASI Eksklusif buat anaknya.

Sedikit sharing aja tentang saya dan Rayy (si kecil yang sampai saat ini ASIX-Asi Eksklusif). Waktu awal-awal meninggalkan Rayy saya ragu untuk menggunakan dot, karena takut nanti bingung puting. Tapi lebih ragu lagi untuk pakai sendok atau gelas kecil Med*la seperti yang disarankan oleh suster-suster di Klinik Laktasi, St. Carolus. Maklum, Rayy akan diasuh oleh orang lain dan saya meragukan kesabaran pengasuh anak ketika memberikan ASIP dengan sendok atau gelas. Salah-salah nanti ASIPnya masuk ke idung.. Hiks.

Tapi saya percaya satu hal, penyebab utama bingung puting adalah kesalahan pemilihan dot susu yang menyebabkan pola menyusui bayi berubah. Mungkin mommies perlu cek cara menyusui yang tepat di sini. Akhirnya saya searching ttg dot bayi yang aman dan tidak berakibat bingung puting. Satu produk yang saya percayai mencegah bingung puting pada Rayy adalah Close to N*ture-nya Tommee Tippee (bisa cari di internet, soalnya saya ga niat jualan). Dotnya mirip seperti breast. Dan mungkin sedikit konyol, saat sebelum Rayy gunakan dotnya saya tes sendiri dulu. Saya berhasil membuktikan aliran dari dot ini tidak akan keluar kalau Rayy tidak menyusu seperti pada breast saya. Ini yang meyakinkan saya untuk menggunakan produk ini. Mungkin ada baiknya para mommies pekerja yang akan meninggalkan baby dengan ASIP juga mengikuti langkah yang satu ini.

Selain itu, penting mommies ingat, sebaik-baiknya ASIP bagi baby, lebih baik lagi ASI yang dihisap langsung oleh baby. Hisapan baby luar biasa mengosongkan gudang ASI mommies dan merangsang produksi ASI baru, jangan ragukan itu. Ikatan antara mommies dan baby tidak bisa tercipta tanpa sentuhan langsung. Oleh sebab itu, alangkah baiknya mommies semakin sering menyusui langsung si baby jika sedang berada di rumah.

Buat mommies yang sedang mengalami problema bingung puting atau masalah-masalah menyusui lainnya, jangan berputus asa... Mommies harus percaya semua problema ada pemecahannya. Jika ada waktu, banyak klinik laktasi yang bisa dikunjungi dan langsung membantu masalah tersebut. Hanya satu problema yang jangan sampai muncul: pantang beri ASI!! Klo masalah itu muncul tentu tidak ada solusinya :D

Have fun breastfeeding, mom!

Tidak ada komentar:

:)