24 Mei 2011

Berhenti Merokok Sebelum diBerhentikan Rokok

Alkisah seorang pemuda tampan (menurut dirinya sendiri) sebut saja boris_uye ingin menghentikan kebiasaannya merokok. Sebenarnya banyak jalan untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok. Mungkin klise, tapi alasan utama yang penting adalah memang keinginan dari diri sendiri. Selain alasan utama ini, tentu ada banyak juga jalan lainnya.. Mari tengok di postingan kali ini.

1. Manusia makhluk berpola yang tanpa sadar di kesehariannya melakukan jadwal rutin. Merokok bagi para perokok juga (tanpa disadari) merupakan salah satu kegiatan rutin yang terjadwal. Misalnya dalam kasus ini boris_uye merokok saat setelah makan. Nah kegiatan saat jadwal merokok inilah yang perlu diganti dan diwaspadai oleh boris_uye. Boris_uye dapat mengganti kegiatan merokok setelah makan dengan makan permen, mengupdate status di FB atau membuat kreasi vektor baru jika di depan komputer. Atau bisa juga menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan.
2. Rokok dan baunya tentu mengingatkan perokok akan nikmatnya rasa rokok. Ini yang terkadang tidak disadari oleh mereka yang ingin berhenti merokok. Jika boris_uye berniat setulus hati, dia harus sedikit merapihkan rumah atau lingkungan sekitarnya dari benda-benda yang berhubungan dengan rokok. Misalnya membuang asbak atau korek api, mencuci sprei atau baju yang masih berbau rokok, atau membersihkan benda-benda lainnya yang dianggap mengingatkan boris_uye dengan rokok.
3. Yaa... namanya manusia. Jika merokok menjadi sesuatu yang sangat diinginkan, kadang niat menjadi terlupa, tujuan menjadi tak ada. Maka perokok yang berniat berhenti seperti boris_uye biasanya kembali merokok jika keinginan merokok menjadi sangat menggebu-gebu. Tapi cobalah lakukan hal ini. Jika keinginan merokok menggebu-gebu, tundalah beberapa menit sampai keinginan itu hilang. Kalau masih ingin merokok, tariklah napas dalam-dalam melalui mulut, lalu keluarkan secara perlahan dengan menyempitkan bibir. Ulangi 5-10 kali. Lakukan afirmasi dengan mengingat tujuan berhenti merokok.
4. Hal terakhir adalah hal yang sangat penting. Berhenti merokok merupakan kegiatan yang perlu Anda informasikan kepada teman, keluarga, atau orang lain yang sering berada di sekitar Anda. Misalnya dalam hal ini boris_uye dapat menginformasikan niatannya berhenti merokok kepada oki (temannya) atau denny (yang tidak mendukung usahanya) agar jika ketika berada di sekitar mereka, boris_uye selalu diingatkan akan niatan lurusnya. Percaya atau tidak, dukungan teman dan keluarga adalah faktor penentu hidup sehat seseorang.

Ya... mungkin sedikit yang bisa saya share.. mungkin kalau boris_uye ingin konsultasi dengan tarif berbayar tinggi, saya bisa share lebih banyak.. huahahaha...

Tidak ada komentar:

:)