13 Juli 2011

Memilih dan Memilah ISD Models

ISD (Instructional Systems Design) models bertebaran layaknya debu diladang. Memilih model yang tepat tentu bukan sembarang aksi. Tujuan pengembangan juga menjadi sorotan utama yang patut dipertimbangkan dalam memilah. Dengan orientasi yang tentunya sudah harus dipahami secara jelas. Orientasi ISD models terbagi menjadi beberapa:
Berorientasi pada kelas Dimana pengembangannya akan dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Beberapa model yang berorientasi kelas antara lain: ASSURE Model (Duet maut Heinich, Molenda, Russell, dan Smaldino), Gerlach & Ely, dlsb.

Berorientasi pada produk Pengembangan model ini dikhususkan untuk memproduksi. Outputnya biasanya dapat berupa media pembelajaran. Model yang berorientasi produk antara lain: The Bates Models, Seels dan Glasgow Models, dlsb.

Berorientasi pada sistem Pengembangan model berorientasi pada sistem ini dimanfaatkan untuk pembuatan sistem pembelajaran yang lebih luas. Kurikulum dapat dibuat dengan menggunakan model-model ISD ini. Model yang berorientasi sistem antara lain: Gentry, The IPISD (The Interservice Procedures for Instructional System Development), The Diamond Models, dlsb.

Tiap model tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihannya tentu didasari oleh tujuan pengembangan itu sendiri. Cukup banyak literatur yang mengkaji tiap model yang ada ini. Anda bisa melakukan desktop research untuk mendalaminya.

2 komentar:

waroengkami mengatakan...

pinjem bukunya donk....^^ masih harus belajar banyak negh dengan ISD

Anggiearanidipta Suma M. mengatakan...

@waroengkami: Ko gue baru baru baca comment yang ini yak X_X

Bukunya dikit tanteee.. ketinggalan di fasilkom ui :p yg banyak sekarang koleksi e-learning design :)

:)