28 Juli 2011

Last Man Standing


Last Man Standing adalah serial televisi di BBC Knowledge yang meliput kompetisi beberapa pria atletis asal Inggris dan Amerika. Tiap serialnya berisi episode-episode para kontestan yang memperebutkan posisi nomor satu dari olahraga unik yang mereka lakoni. Pada serial kedua, Last Man Standing episode ke delapan, para atlet ini menghadapi olahraga yang sama sekali baru mereka lihat dan dengar. Buffalo Racing, Karapan Kerbau di Sumbawa Indonesia. Untuk gambaran jelas episode ini bisa cek di sini. Di website milik BBC itu Anda akan mendapatkan informasi jelas terkait episode tersebut. Di postingan kali ini, saya hanya akan munculkan beberapa hal unik yang saya suka dari episode itu.

1. Sumbawa tempat yang indah, tapi terbengkalai
Daerah pariwisata di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Tapi sedikit yang baru diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan. Ketika menonton episode ini, saya melihat keindahan Sumbawa dan betapa budaya karapan Kerbau ini, luar biasa menarik. Atletis dan mistis. Acaranya digelar di salah satu sawah basah yang siap dibajak. Penontonnya meriah dan tumpah ruah. Para atlet benar-benar harus mengeluarkan kemampuan atletisnya mengendalikan kerbau yang mana baru mereka kenali sebagai hewan tunggangan balap. Di saat bersamaan mistis, karena ada unsur-unsur magis terkait boneka yang menjadi sasaran balap.
Boneka ini ditancapkan beberapa ratus meter dari garis start, berdiri tegak setelah dimantrai oleh dukun kampung. Dukun kampung memantrai boneka ini agar tidak pernah rubuh atau didekati karapan kerbau. Saya bukan pecinta sihir, klenik, atau magis. Tapi bagi saya ini adalah budaya dan budaya ini membuat saya terpana.

2. Penamaan kerbau tunggangan
Saat pertama atlet tiba di desa penyelenggara Karapan Kerbau, mereka harus mengundi kerbau mana ditunggangi oleh siapa. Dan selama persiapan lomba ini, kerbau itu adalah teman mereka. Seketika suasana menjadi riuh karena keberuntungan mendapatkan kerbau terbaik dan jagoan lomba diujikan saat ini. Sepintas lalu bagian ini saya hiraukan, tapi saya kembali terpana, karena ternyata mereka menyebutkan nama kerbau dengan nama-nama artis atau orang populer. Seperti salah satu kerbau yang dijagokan bernama 'Diah KDI'. Kembali saya terpana dan terpingkal.
3. Keakraban menentukan kemenangan
Para atlet mempersiapkan lomba dengan berlatih menunggangi kerbau. Tujuan mereka adalah merubuhkan boneka magis yang saya ceritakan sebelumnya. Mereka didampingi oleh seorang pelatih karapan. Para pelatih memberikan arahan cara menunggangi, cara mempercepat lari kerbau, dan cara memperlakukan kerbau. Para atlet terheran-heran mengetahui betapa cara memperlakukan hewan tunggangan ini adalah sesuatu yang spesial bagi para pelatih. Kerbau tunggangan harus diberi makan secara rutin, harus diajak ngobrol agar lebih akrab, para pelatih meyakini kerbau ini memiliki jiwa yang akan membantu atlet memenangi perlombaan. Dan yang tak boleh terlupa, kerbau ini harus mandi dua kali sehari. Iya dua kali, saat para atlet biasanya hanya mandi satu kali sehari. Ini adalah percakapan antara salah satu peserta dengan pelatihnya. Bertempat di pemandian kerbau, setelah selesai berlatih pertama kali.
Memandikan Kerbau

Atlet A : Bagaimana membuat kerbau ini lebih jinak? Saya kesulitan mengendarainya tadi.
Pertanyaan atlet ini membuat saya merubah posisi duduk menonton lebih serius. Karena saya baru saja melihat kerbau yang sedang dimandikannya, kerbau tunggangannya ini luar biasa liar. Saya yakin jawabannya akan melibatkan unsur-unsur teknis dan sangat penting. Lalu pelatih menjawab.
Pelatih : Oh, gampang. Kamu lepas kolor yang lagi kamu pakai, lalu kamu usap ke muka kerbau itu. Nanti dia jadi lebih nurut sama kamu.
Dan, saya terkikik tak terhingga. Kalau tidak salah ingat, kerbau dan atlet yang menanyakan hal ini adalah satu-satunya atlet yang berhasil merobohkan boneka magis. Wallahualam.

Overall, episode ini menarik, seperti banyak episode acara BBC lain yang melibatkan latar Indonesia dan daerah eksotisnya, episode ini membuat saya bangga berbangsa Indonesia karena budayanya.

Tidak ada komentar:

:)